SUMBER MOTIVASI


Sungguh, telah Kami ciptakan manusia dalam sebaik-baik acuan.

-Q.S. 95 Surat At Tiin (Pohon Ara) Ayat 4-

Matahari, bulan, dan bintang adalah ciptaan Tuhan yang luar biasa. Kebesaran, keagungan, dan kesempurnaan terlihat begitu nyata. Tuhan Sang Pencipta itu pula yang menciptakan manusia, dengan melihat keagungan dan kebesaran ciptaannya, tentu Sang Maha Pencipta tidak ingin ciptaan lainnya yaitu manusia menjadi hina, Dia menciptakan manusia dengan sempurna. Dia ingin agar manusia yang menjadi wakil-Nya di dunia itu juga menjadi mulia. Di dalam diri setiap manusia sudah memiliki sifat ingin selalu indah, dan ingin selalu mulia. Itulah jiwa yang diberikan oleh Allah, yang menjadi modal dasar kebehasilan. Pergunakan energi itu, suara hati itu.

Bercita-citalah besar, berpikirlah maju, Anda tidak diciptakan untuk menjadi orang kalah, tetapi Anda diciptakan sebagai Wakil Allah di muka bumi untuk memberikan kemajuan dan kesejahteraan. Setiap langkah yang Anda buat di muka bumi haruslah suatu langkah kemenangan. Ingat, Allah SWT berada sedekat urat nadi kita, Dia tidak ingin Anda jatuh. Dia ingin Anda berhasil. Dia mendampingi Anda, dengan suara hati-Nya. Apabila Anda jatuh, sadarlah, berarti masih banyak ilmu Allah yang belum Anda ketahui. Pelajari kesalahan tersebut, cari jawaban mengapa jatuh. Ambil jurus kedua dan bangkit lagi. Allah yang Agung menunggu kemenangan Anda. Dia begitu mencintai Anda.

Apabila seorang manusia telah menyadari bahwa dirinya memiliki sifat-sifat yang diturunkan oleh Allah tersebut, maka upayakan dan pupuklah terus hingga menghasilkan sebuah kekuatan dan motivasi yang maha dahsyat. Dengan sebuah keberanian dan kekuatan yang berlandaskan pada iman tersebut akan tercipta sebuah jati diri (eksistensi) yang memiliki nilai tinggi. Iman yang telah mengetuk kesadaran jati diri sebagai hamba sekaligus “khalifatullah” tidak pernah membiarkan peluang berlalu tanpa arti. Dunia merupakan aset, amanah, dan sekaligus ujian yang penuh tantangan yang menggairahkan bagi diri setiap mukmin sebagai pembuktian kualitas dirinya.

Kekuatan pikiran bawah sadar yang merupakan sugesti, adalah sebuah energi dahsyat yang juga sekaligus sebagai pilot di dalam diri kita. Bangkitkan energi itu dan biarkan “membara” di dada, doktrin diri kita dengan mengingat Kebesaran Allah, isi sanubari dengan menyebut “Maha Besar Allah” setiap saat. Kekuatan energi akan mengalir dan akan membakar semangat Anda. Tetapkan kemauan Anda. Bedakan antara kemauan ‘biasa’ dengan keamuan yang ‘membara’. Rahasia untuk sebuah keberhasilan adalah terus menerus mengingat bahwa Anda lebih baik dari yang Anda pikirkan. Orang yang berhasil bukanlah orang yang super. Keberhasilan tidak memerlukan kecerdasan yang luar biasa. Keberhasilan tidak disebabkan oleh keberuntungan. Keberhasilan ditentukan oleh ukuran dari keyakinan Anda untuk meraih kemenangan. Kesuksesan juga ditentukan oleh ukuran pemikiran dan cita-cita seseorang. Bercita-citalah setinggi-tingginya. Ingatlah Allah yang Maha Besar, yang telah menciptakan hati Anda. Dia tidak ingin Anda merangkak-rangkak. Yakinkan bahwa Anda akan mencapainya, sehingga energi dan kreatifitas akan mengalir mencari jalan untuk mencapainya. Dorong terus energi itu dan doktrin diri kita dengan ucapan “Allahu Akbar’ setiap hari, sehingga Anda sungguh terobesesi untuk berhasil. Ikuti suara hati Sang Maha Besar itu.

Anda ingin tahu siapa diri Anda? Baru-baru ini ditemukan bahwa semua makhluk hidup memiliki alfabet basa DNA yang sama, yaitu A (Adenine), C (Cytosine), Guanine) dan T (Thymine). Dalam struktur helix ganda DNA, basa A berpasangan dengan T, sedangkan C dengan G. Di dalam tubuh manusia diperkirakan terdapat 100 trilyun sel! Dan di dalam inti terdapat setiap sel terdapat 23 pasang kromosom yang disusun oleh tiga milyar huruf alfabet tadi. Jika DNA di dalm setiap tubuh manusia direntangkan, maka panjangnya akan lebih dari 600 kali jarak bumi dan matahari! Cobalah untuk membayangkan sejenak. Betapa dahsyat dan sempurnanya manusia ciptaan Allah ini, yaitu diri Anda. Semua ciptaan Allah tidak lain karena manusia adalah makluk kepercayaan-Nya sebagai wakil Allah yang memiliki fungsi “Rahmatan Lil ‘Alamin”.

Jangan sekali-kali meremehkan diri kita, kita sudah cukup memiliki modal. Bahkan kalau seluruh komputer ditumpuk di muka bumiini hingga mencapai bulan sekalipun, tidak akan mampu menandingi manusia cipataan Allah ini. Jangan sia-siakan kepercayaan Allah ini. Anda dirancang dan diciptakan untuk meraih kemenangan. Apabila Anda mendengar azan, terimalah hal itu denagn baik sebagai motivasi langsung dari Allah SWT. Anda akan mendengar dorongan pemberi semangat ini lima kali dalam sehari. Kekuatan iman telah menyebabkan seorang manusia selalu “taqorruub” kepada Allah dengan senantiasa berdo’a: “Wahai Tuhan yang menguasai jiwa, mantapkan jiwa di atas agama-Mu.

Allahu Akbar!

– ESQ, Ary Ginanjar Agustian, Hal. 81-88 –

    • abuhaydar
    • Juli 9th, 2007

    kebersihan hati , optimisme dan ke cerdasan memang harus menjadi sebuah modal utama untuk kita…

    Kepada member TC MQ FM semuanya semoga kita tidak merasa cukup dengan bening hati juga, tapi kita harus cerdas dan aktif untuk mempersembahkan yang terbaik untuk umat yang terbaik ini …

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: