Dan subuh itu sangat dekat….


By : agus al muhajir

Sepertiga malam terakhir tadi bagi saya adalah malam yang begitu mengetarkan. Bagaimana tidak, dua rakaat yang terasa begitu amat panjang. Dua rakaat yang menggetarkan bersama perenungan ayat demi ayat surat Huud yang begitu panjang dan merobek-robek hati. Surat – surat dalam Al Quran memang seluruhnya sangat menggetarkan, tapi surat Huud ini terasa begitu beda malam tadi. Awal ayat yang bercerita tentang bukti-bukti keesaan Allah dan dilanjutkan dengan pendefinisian sifat-sifat orang mukmin yang kemudian dilanjutkan dengan kisah Nabi Nuh , Huud, Shaleh Ibrahim dan Luth alaihima. Subhanallah, terasa kecut jiwa ini, terasa gentar jiwa ini. Bagaimana tidak ? kisah para nabi ini diwarnai dengan KISAH TURUNNYA AZAB dari Allah yang amat dahsyat dan amat pedih. Coba kita lihat kisah tenggelamnya kaum Nuh oleh banjir yang teramat dahsyat, betapa mengerikan dan membuat kita amat takut dengan hukuman yang teramat buruk ini. Lihat juga Kaum Nabi Shaleh yang dihukum dengan Guntur yang menggelegar atau kaum nabi luth yang yang dijungkir balikkan dan ditelan oleh bumi secara harfiah bukan kiasan. Ngeri …..mengerikan…teramat mengerikan.

Ada ayat yang betul-betul membuat saya tidak sanggup melanjutkan membaca ayat-ayat Allah dalam al Quran surat Huud ini. Saya berhenti di ayat ke 81, saya tidak sanggup melanjutkanya, betul-betul tidak bisa, saya amat takut. Ayat 81 dari surat Huud ini bercerita tentang malaikat yang memberikan kabar kepada nabi Luth bahwa kaumnya akan di azab pada waktu subuh dan malaikat itupun berkata : bukankah subuh itu sudah dekat ?…Allah…. saya tidak sanggup membayangkan, betapa cepatnya Azab itu datang saat kaum luth itu lalai dan terlelap dalam tidur yang amat pulas.

Saya pun semakin takut tatkala coba melakukan muhasabah di penghujung sholat malam itu. Saya takut segala lalai dan segala khilaf yang saya lakukan di masa lalu dan masa sekarang akan segera di berikan pembalasan oleh Allah, Dan waktu itu sudah dekat, subuh itu sudah dekat. Astaghfirullah hal adzim….

Allah semoga kau masih memberiku waktu sebelum subuh itu tiba

Jangan kau hukum hamba atas segala nista dan lalai yang telah hamba lakukan

Berikan hamba waktu untuk hamba bertobat dan memperbaiki diri , wahai yang maha pengampun

Duhai Allah

Hamba mohon dengar dan kabulkanlah doa dari hamba yang hina dina dihadapanMu ini, wahai Rob yang maha mulia dan penuh belas kasih

amin

  1. Assalamu’alaikum.

    Subhanallah,mahasuci 4JJ1 yang telah menciptakan siang sebagai pengganti malam dan yang menciptakan malam sebagai pengganti siang,keduanya saling berkait dan mengandung makna saat siang kita bekerja untuk mencari dunia begitupun saat malam tiba tugas kita beralih beristirahat,adapun saat akhir dari malam itu ialah Ia menyisihkan waktunya untuk berjumpa dengan sang Penguasa alam ia turun memanggil kita mengajak bermusyawarah saling bertatap muka disana kita tak lagi terasa bangga dengan apa yang kita miliki,dunia yang kita cari siang tadi sangatlah tidak ada apa apanya dibanding saat kita bisa dengan bangga bertatap dengan-Nya.
    sepertiga malam itulah saat kita,itulah waktu-Nya Ia turun kelangit bumi saat lambaian tangan-Nya,mengajak kita berkumpul bercerita tentang siang tadi dan esok hari,

    Haturnuhun pisan K’Agus artikel tentang”..Dan waktu Subuh Itu Sangat Dekat..besar sekali maknanya.

    Af1 pisan juga dah lama ga bangunin u/Tahajud Giii Futur abezzzz
    K’Agus ada cara jitu g u/hadapi masa Futur…ga….bagi bagi donk…salam 4 all’ikhsan”http://istanasurgaku.blogspot.com

    salam kanggo sadaya di Room Tahajjud Call,wassalamualaikum

    ikhsan

  2. Astaghfirullah hal adzim… subuh itu benar-benar telah dekat
    sedang aku masih lalai dan terlena dengan dunia….

  3. betul sahabat. Subuh itu dekat, teramat dekat.Mohon doa juga dari yang sahabat yang lainnya, agar saya bisa mengejar untuk terus melakukan perubahan sebelum subuh itu tiba. Amin…

  4. subhanalloh,bukan suatu ketidaksengajaan sa baca artikel akang ini. Merupakan peringatan utk sa juga.
    Untuk sa yang masih lalai, yang amalnya mungkin masih sedikit sekali dibanding akang dan temen2 TC lainnya…
    Akankah shubuh terakhir itu indah ataukah ancaman 4JJI itu akan menghampiri shubuh ku?
    Sungguh,shubuh yg begitu dekat itu,sa masih saja terlena dg siang yang berkepanjangan…
    4JJI ternyata teramat sayang pada Sa,yg memandu sa utk membaca artikel ini,,,
    Jazakalloh khoirul jaza,,, Kang Agus

    • Asmul
    • Juli 26th, 2007

    Subhanallah Luarbiasa ALLAHUAKBAR
    Jazakallah khairan katsiraa…K’Agus Subhanallah suatu peristiwa yang mengetarkan hati saya…
    sahabat ku mari kita slg do’a mg ALLAH membimbing kita untuk terus optimal membaikidiri sehingga kita dilayakkan mendapat pertolongan-Nya
    sahabatku renungilah perjalanan hidup kita
    walaupun dalam petunjuk belum tentu di terima
    sahabatku dimanapun dan dalam keadaan apapun kita perlukan ALLAH
    Dialah penjaga kita,Dialah Arsitek kehidupan kita
    marilah kita bersama-sama mengenali-Nya agar tumbuh rasa kehambaan di hati kita…..

    *Asmul mohon keikhlasan do’a dari sahabat2 semua*

    • risma
    • Juli 27th, 2007

    Subhanallah…sungguh sebuah tulisan yang menggetarkan hati. Jarang sekali kita menyadari bahwa segala salah dan dosa akan ada balasannya di dunia dan di akhirat. Kita lihat fenomena sekarang begitu banyak kemaksiatan di negeri kita ini, Sudahkah kita melakukan amar ma’ruf nahi munkar? atau sudahkah kita bertaubat atas dosa-dosa yang telah dilakukan? ya…kita jangan menunda-nunda lagi jangan sampai Allah menurunkan azab secara tiba-tiba ketika kita lalai… Naudzubillah….
    Saya juga menyadari sudah sekian lama saya menjalankan shalat tahajud namun….jarang sekali hati ini bergetar dan khusuk menghadap sang maha kuasa, masih saja memikirkan makhluk dan kehidupan dunia, padahal saat itu saya sedang berada dihadapan Allah, Tuhan semesta alam yang siap mendengarkan segala keluh kesah, mengabulkan setiap permohonan, dan mengampuni setiap hamba yang bertaubat.Astagfirallah al adzim….
    Alhamdulillah melalui tulisan K agus, Allah menyadarkan saya untuk menata kembali shalat malam saya, untuk menghadirkan hati dan memaknai setiap ayat Al-Qur’an yang di baca.
    Ya..Rabb bimbinglah hambamu ini agar selalu di jalanmu
    Jangan palingkan wajahmu bila hati ini masih lalai…
    Golongkanlah hambamu ini kedalam golongan orang-orang yang khusu dalam sholatnya
    Dan pertemukanlah kami di surga-Mu
    A…min

  5. Subhanallah Alhamdulillah Allahu akbar…kita betul-betul al fakir dihadapan Allah. Kita hina dihadapan yang maha suci.Semoga Allah menerima taubat ini dan semoga kita hanya dipanggil menuju ke hadiratNya saat seluruh dosa dan kekhilafan ini terampuni…amin

  6. Assalamu’alaikum.
    met bergabung sahabat”Risma”dikomunitas TC INDONESIA.semoga semangatnya seperti MENTARI pagi ni.yang selalu istiqomah menerangi setelah kegelapan.:)

    Subhanallah K’Agus haturnuhun do’anya,smg 4JJ1 mengabulkan do’a Qt.O:-)
    wassalamu’alaikum

    AbuBa_8

    • ordinary people
    • Agustus 1st, 2007

    assalamu’alaykum
    yupz, semoga kita selalu dalam keistiqomahan dan bisa menyelesaikan semuanya dengan khusnul khotimah

    matur nuwun sahabat agus😉

    • mubin barid
    • Januari 20th, 2011

    SUBHANALLAH

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: