Niat


Niat menurut bahasa artinya al-qahsdu (bermaksud). Sedangkan menurut syari’at, niat artinya menghadapkan kati pada suatu aktivitas dengan mengharap ridha ALLAH dan melaksanakan perintahNya. Jadi, inti niat adalah mengarahkan jarum hati pada suatu ibadah. Hal ini mengandung makna bahwa niat merupakan pekerjaan hati, bukan pekerjaan lisan. Kita tidak usah ragu akan kepastian niat dalam hati karena ALLAH Mahatahu segalanya.

…Sesungguhnya Allah mengetahui segala isi hati.” (Ali Imran: 119)

…sesungguhnya Allah Mengetahui isi hati(mu).” (Al-Maidah: 7)

…Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala isi hati.” (Al-Anfal: 43)

Dan perkataan serupa terdapat pada ayat-ayat lainnya, misalnya: Huud: 5, Luqman: 23, Faathir: 38, Asy-Syuraa: 24, Al-Hadiid: 6, At-Taghaabuun: 4, dan Al-Mulk: 13.

Niat memiliki kedudukan penting dalam shalat. Ahli fikih menjadikan niat sebagai rukun shalat. Rukun artinya bagian-bagian yang tidak boleh dilepaskan atau ditinggalkan karena akan merusak seluruh ibadah. Niat sebagai rukun shalat berarti meninggalkan niat bisa membuat shalat tidak sah. Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya amal itu bergantung pada niat..” (HR. Bukhari)

Niat adalah pekerjaan hati, tidak harus diucapkan. Sekalipun tidak membaca ushallii fardhuhzd zhurhi…dst dan yang lainnya –alias tidak mengucapkannya, asal hati sudah mengarahkan untuk shalat, pekerjaan niat sudah terpenuhi.

Hmm..jadi ya gituh temen-temen yang tertulis dalam buku tersebut pada bab gerakan shalat poin niat. Tapi ada beberapa yang ditambah dan dikurangi. Jadi, buat temen-temen ga ada lagi ya pertengkaran soal ini, satu-satunya perbedaan yang boleh di kalangan para ulama adalah persoalan fikih, bahkan persoalan ini terjadi dari sejak zaman Rasulullah saw. Sekarang, yuk belajar melakukan sesuatu sesuai ilmunya. Jangan taqlid alias ikut-ikutan doang alias jadi bebek. Harus punya ilmunya. Wallahu a’lam bish shawwab.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: