Memandang Tempat Sujud


Ini adalah bagian ketiga dari rangkaian gerakan shalat dalam bukunya Pak Aam itu..dan tentu seperti biasa akan ada perubahan atau sebagainya. Makanya beli aja deh bukunya atau pinjem. Lagipula banyak buku ngebahas tentang gerakan shalat, tapi inget, harus yang nyantumin dalilnya ya, klo kaya buku panduan shalat yang lain sih, sa juga punya..beda banget deh kerasanya. Kenapa? Biar kita tahu landasannya dan ga taqlid buta.

Kerjakan shalat dari mulai takbir hingga salam dengan mengarahkan pandangan mata pada tempat sujud agar bisa lebih berkonsentrasi dan hati menjadi lebih khusyu’. Jangan menoleh ke kiri atau ke kanan. *kecuali salam tentu termasuk pengecualian ini untuk gerakan-gerakan yang kemudian ada pengaturannya sendiri, ya kaya programming aja, deklarasi public bisa ga berfungsi kalo di procedure berikutnya ada yang sifatnya khusus *

“Aku pernah bertanya kepada Rasulullah saw tentang menoleh ketika sedang shalat. Beliau menjawab, ‘Itu merupakan tipuan yang dilakukan setan terhadap shalat seorang hamba.’” (HR. Bukhari dari Aisyah ra)

Ketika shalat kitapun tidak boleh menatap ke langit. “‘Bagaimana keadaan orang-orang yang mengangkat pandangannya ke langit dalam shalatnya?’ Rasulullah saw menjawab, ‘Mereka hendaklah berhenti dari perbuatan itu.’” (HR. Bukhari dan Muslim)

Lalu bagaimana dengan memejamkan mata, bolehkah? Imam Nawawi berkata, “Memejamkan mata ketika shalat, menurut pendapat terbaik adalah dibolehkan dan tidak makruh jika tidak ada bahayanya. Karena boleh jadi, bagi sebagian orang justru menolong untuk melahirkan kekhusyu’an, mengonsentrasikan hati, dan mencegah kekacauan pikiran.” (Syarah al-Muhadzdzab, III: 314)

Syaikh Ibnul Qayyim menyatakan pendapat senada, “Sesungguhnya membuka mata itu lebih utama. Namun, kalau dengan membuka mata menjadi penghalang kekhusyu’an, dalam kondisi ini dibolehkan atau tidak makruh memejamkan kedua mata. Pendapat seperti ini lebih dekat dengan sendi-sendi syari’at.” (Zaad al-Ma’ad, I: 99)

    • sri
    • Juni 12th, 2008

    bagaimana sholat hajat yang benar ????//

  1. aku biasanya memejamkan mata jika sedang berdoa

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: