5 Macam Manusia


Manusia berdasarkan sifatnya dapat dikelompokkan menjadi 5 macam.

  1. Yang tidak butuh sama sekali kepada ALLAH. Mereka biasanya adalah orang-orang yang memang sudah membatu hatinya. Jika ia melihat kebesaran ALLAH, mereka selalu mencari pembenaran apakah melalui logika atau yang lain.
  2. Hanya merasa perlu kepada ALLAH ketika sulit saja. Ketika lapang menghampiri mereka, mereka seringkali melupakan ALLAH, dan tak jarang ketika mereka berkata mengenai apa yang mereka miliki mereka mengatakan “Semua adalah hasil jerih payahku”.
  3. Merasa perlu, tapi bersikap sombong. Orang-orang seperti ini adalah mereka sadar bahwa mereka perlu kepada ALLAH, tapi masih saja sok jual mahal di hadapan ALLAH. Contohnya adalah Bani Israil.
  4. Merasa perlu, tapi tidak merasa mampu. Merekalah orang-orang yang tahu dan membutuhkan ALLAH namun tidak mencari tahu cara yang sebenarnya untuk meminta kepada ALLAH. Mereka dicontohkan dengan orang-orang yang menyembah berhala, dsb.
  5. Merasa perlu dengan memadukan antara harapan (raja’ ) dan takut/kecemasan (khauf).

Maka mari kita renungkan, sejujurnya termasuk ke dalam golongan manakah kita? Maka sejauh apakah kita pantas mendapatkan pertolongan ALLAH?

    • sudhew
    • Agustus 8th, 2008

    golongan yang nomer 1 bisanya didonmonasi oleh para ilmuwan yang selalu berpikir sesuai logika akal,agama harus bisa melawan pendapat-pendapatnya jika tidak ingin membuat banyak umat lkut tersesat

    • Dajjal
    • Agustus 8th, 2008

    hemm…
    masih nambah macam yang satu ini.
    Yang tidak mengenal sama sekali siapa itu ALLAH.

    • Esa
    • Agustus 8th, 2008

    @Dajjal
    Lebih tepatnya yang tidak MAU mengenal siapa itu ALLAH. Karena mau ga mau, sebenarnya mereka kenal tapi menutup hati kepada ALLAH. Mungkin bisa dimasukkan ke golongan ke 1
    @sudhew
    Iya sih, tapi banyak jg yang non ilmuwan yg seperti itu. Ilmuwan jika ia seorang muslim yang taat, maka ia akan seperti para cendikia muslim, para shalafush shalih.

  1. Agustus 8th, 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: