Takwa


Takwa adalah tujuan ibadah kepada Allâh swt baik ibadah ritual seperti shalat, zakat, puasa dan haji maupun ibadah sosial seperti indak, sedekah, menolong sesama, ‘amar ma’ruf nahyi munkar, dan sebagainya. Dengan demikian, satu-satunya cara untuk mencapai ketakwaan adalah dengan beribadah. Tidak mungkin seorang muslim bertakwa tanpa beribadah. Secara tegas, ibadah puasa disebutkan bertujuan mencapai derajat takwa (QS. 2: 183)

Bisa dikatakan, ibadah adalah sebuah proses menuju ketakwaan. Jika ketakwaan itu gagal dicapainya, maka ibadanya pun bisa dikatakan gagal dilaksanakan dengan baik. Surga diciptakan Allâh bagi orang-orang bertakwa. Jika tida ada orang bertakwa, maka surga itu akan kosong.

Secara harfiah, takwa berasal dari kata wiqayah-yattaqu-muttaqi yang berarti tameng, perisai atau pelindung. Secara maknawiyah, para ulama berbeda secara redaksioal dalam mengartikannya, namun semuanya bermuara pada “melaksanakan perintah Allâh dan menjauhi segala laranganNya”

Berikut ini pendapat sejumlah ulama tentang takwa:

  • Ibnu Katsir: “Melakukan apa yang diperintahkan Allâh dan meninggalkan apa yang dilarangNya”
  • Imam Al-Ghazali: “Takut, taat, menyucikan hati dari dosa, serta menjauhkan setiap apa yang ditakuti akan membawa mudharat pada agama.”
  • Imam ar-Raghib al-Ashfahani: “Menjaga jiwa dari perbuatan yang membuatnya berdosa dan itu dengan meninggalkan apa yang dilarang, menjadi sempurna dengan meninggalkan sebagian yang dihalalkan.”
  • Imam An-Nawawi: “Menaati perintah dan laranganNya.”
  • Imam al-Jurjani: “Menjaga diri dari pekerjaan yang mengakibatkan siksa, baik dengan melakukan perbuatan atau meninggalkannya.”

Al-Qurân menyebut kata takwa lebih dari 200 kali dalam berbagai konteks, mulai dari perintah untuk bertakwa, ciri-ciri orang yang bertakwa (muttaqîn), hingga manfaat yang akan diperolehnya -kebahagiaan dunia dan akhirat serta masuk surga…

(bersambung)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: