Takwa (Sambungan Lalu)


Tampaknya ayat paling populer karena sering disampaikan oleh para khatib Jumat adalah yang berbunyi: “Hai orang-0rang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa kepadanya, dan janganlah sekali-kali kamu mati kecuali dalam keadaan sebagai muslim. (QS. Ali Imron: 102)

Karakteristik atau ciri-ciri orang bertakwa cukup banyak, antara lain beriman kepada Allah, mendirikan shalatm menafkahkan sebagian rizkinya kepada fakir miskin, beriman kepada al-Quran, meyakini adanya kehidupan akhirat, mwnunaikan zakat, menepati janji, sabar dalam kesempitan, menahan amarah, memaafkan kesalahan orang lain, mengajak dan mengingatkan orang lain agar bertakwa, rendah hati, berani membela kebenaran, dan sebagainya.

Sedangkan manfaat takwa antara lain Allah memberinya jalan keluar dari kesulitan yang dihadapinya dan memberinya rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka (QS. At-Thalaq: 2-3), ukuran kemuliaan manusia dalam pandangan Allah (Al-Hujurat: 13), menjadi penghuni surga dan kekal di dalamnya (Ali Imran: 15), dan masih banyak lagi.

Takwa sering diartikan ‘takut’, yakni takut akan amarah dan siksa Allah, takut tidak bisa menjadi hamba Allah yang bersyukur, takut tidak menjadi mukmin atau muslim sejati, atau takut masuk neraka.

Takwa juga dimaknai sebagai sikap hati-hati untuk tidak melanggar larangan Allah. Dalam hal ini, seorang sahabat Nabi perawi hadits, Abu Hurairah memakai ilustrasi yang cukup menarik. Saat ditanya soal takwa, Abu Hurairah balik menanyakan, “Apakah engkau pernah melewati jalanan berduri?” Si penanya menjawab, “Ya.” Abu Hurairah bertanya lagi, “Lalu apa yang kau lakukan?” Orang itu menjawab, “Jika aku melihat duri, maka aku menyingkir darinya, atau aku melompatinya, atau aku tahan langkah.” Kata Abu Hurairah, “Seperti itulah takwa.”

Wallahu a’lam bish shawwab. (Abu Faiz)

Dikutip dari tabloid al-Hikmah. Jika tertarik berlangganan, silahkan hubungi via ym ke tahajud_call.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: