Tahajud Dari Perspektif Kesehatan


Shalat tahajud ialah ibadah yang kita lakukan pada malam hari, biasanya tengah malam atau lewat tengah malam. Shalat tahajud juga dikenali sebagai shalatullail atau qiyamullail. Shalat ini sangat baik terutama dilakukan oleh setiap muslim seperti halnya Rasulullah saw dan para sahabat tidak meninggalkannya sepanjang hayat sebagai ibadah tambahan yang memperkuat ruhiyah setiap muslim untuk menjalani hari-harinya.

Tidur dan Shalat Tahajud

Umumnya manusia mengatakan tidur malam perlu antara 6 hingga 8 jam sehari. Tetapi pendapat ini ditolak para saintis Barat seperti Dr Ray Meddis, seorang professor di Department of Human Sciences, England University of Technology yang mengatakan bahwa manusia sebenarnya perlu tidur malam 3 jam saja.

Waktu tidur dibagi ke dalam 2 bagian, tidur ayam dan tidur lelap. Mimpi biasanya terjadi pada tidur lelap [deep sleep]. Manusia perlu berlatih untuk dapat tidur lelap karena tidur ayam adalah saat berangan-angan dan membuang waktu saja. Tidur yang sebenarnya adalah ketika tidur lelap yang mengikuti kajian saintis Barat yakni selama 3 jam. Kita merasaka bahwa tidur malam kita selalu tidak cukup. Hal ini dikarenakan kita tidak teratih atau mengikuti aturan ketika tidur.

Apabila seorang atlit hendak memasuki suatu pertandingan lomba lari, dia akan berlatih hampir setahun sebelumnya. Dengan demikian ia memiliki harapan untuk mendapat piala emas. Demikian pula dengan latihan tidur kita, mengikuti aturan.

Mengikuti kajian ahli kesehatan Barat, sebelum kita merasa akan tidur, kita merasa mengantuk (drowsiness) dimana suhu badan akan menurun. Dengan mengatur waktu tidur dan menggunakan jarak suhu, kita boleh melatih diri untuk tidur bila perlu. Tidur Tao, Confucious dan Sikh. Dalam perhatian penulis, mereka juga melakukan amalan pada tengah malam seperti “berdzikir” dan membaca kitab suci agama mereka. Untuk menghindarkan rasa kantuk, mereka berlatih tidur hanya kurang lebih 3 atau 4 jam sehari, bahkan kurang dari itu. Agama yang dimaksudkan adalah Buddha, Kristen, Tao, Confusies dan sikh.

Pendapat ahli Sastra barat

Terdapat pula ahli sastra barat yang menceritakan mengenai kelebihan mengurangkan tidur untuk membuat karya yang cemerlang. Bila ditanya rahasia kesuksesan mereka, mereka menjawab: “The woods are lovely, dark and deep but I have promises to keep and miles to go before I sleep.” yakni “Taman itu indah, gelap dan tebal tetapi saya telah berjanji untuk menunaikan kerja saya sebelum tidur”

“The heights by great men reached and kept were not attained by sudden fight. But while their companions sleep were toiling upwards in the night.” – Longfellow, bahwa “Pencapaian karya yang tinggi oleh orang ternama tidak didapat serta merta melainkan atas kerja keras hingga larut malam pada saat sahabat-sahabat mereka tidur nyenyak.”

Dari hal tersebut jelas bahwa untuk mencapai kesuksesan, mereka mengurangi jam tidur mereka.

Kembali pada soal tahajud. Apakah kebaikan dan kelebihan yang kita peroleh dari shalat tahajud? Sementara ketika itulah manusia sedang nyenyak tidur.

Dari segi logika, kita paham bahwa perintah Allah mendatangkan kebaikan. Shalat tahajud meneguhkan iman kita, jiwa kita, mental kita untuk menghadapi masalah hidup duniawi dan lain-lain yang Allah Maha Mengetahui. Dari segi sains, kita akan menghirup oksigen khusus yang ada di atmosfer bumi antara kurang lebih jam 3 pagi hingga terbit matahari dan menggerakkan otot-otot di dalam badan kita ke arah menyegarkan badan dan melancarkan aliran darah. Keduanya sangan penting untuk kesehatan tubuh manusia. Oksigen tersebut hilang dari atmosfer bumi selepas matahari terbit dan tidak ada lagi hingga esok pagi. Hanya manusia yang bangun pada waktu ini yang menikmati oksigen tersebut. Yang bangun tidur di atas itu tidak dapat merasakannya.

Rahasia Gerakan Otot dalam Shalat

Mari kita kaji pergerakan otot kita ketika shalat. Secara kasar, pada awal kita berdiri tegak kemudian mengangkat tangan bertakbir dan meletakkan tangan di atas pusar [mengenai hal ini ada sedikit perbedaan pendapat] kita telah membesarkan rongga dada kitacmanakala paru-paru akan terasa luas serta menggerakkan otot di kedua belah tangan.  Ketika ruku’ dengan badan membongkok ke depan dan kedua tangan di atas kepala lutut dan punggung mendatar ( parallel to the ground ) sekaligus menggerakkan ruas-ruas tulang punggung, tulang leher, tulang pinggang dan tulang tungkin. Ketika sujud, seluruh berat badan terpikul sepenuhnya di atas otot-otot kedua tangan kaki, dada, perut, punggung, leher dan otot-otot kaki. Coba perhatikan pada waktu sujud, berapa banyak otot dan persendian yang kita gerakkan. Setelah itu kita bangkit dari sujud. Kita duduk, kemudian kita sujud lagi dan berdiri kembali. Dalam gerak badan kali ini kita telah secara otomatis menggerakkan sejumlah besar otot-otot di dada, bahu, lengan, perut, punggung, paha, kaki bagian bawah dan otot lainnya. Selain itu, kita juga melakukan dua macam duduk – pertama duduk antara dua sujud dan kedua duduk tahiyat. Kedua jenis duduk ini menggerakkan tumit , pangkal paha, selangkangan, jari-jari kaki dan lain-lain. Ketika memberi salam juga kita gerakkan otot-otot leher tengkuk dan lain-lain. Kalau kita lihat dari dua perkara tersebut di atas maka kita mendapatkan oksigen yang istimewa dan gerak otot-otot yang semuanya ini sudah tentu akan memastikan kesehatan tubuh badan kita. Solat tahajud juga menjauhkan penyakit sakit pinggang yang selalu menyerang orang yang banyak tidur dan bangun siang.

sumber: www.sabah.edu.my dengan beberapa perubahan yang insyaAllah tanpa mengurangi substansi isinya.

  1. mas tukeran link yuk…
    tar klo udah di pasang kasih tau ke saya tar linknya saya pasang di blog saya gmn??

    Terima kasih

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: