‘Ibadurrahman


Betapa lengkap al-quran memberikan petunjuk kepada kita. Salah satunya, Allah memberitakan sifat-sifat Hamba Allah, ‘Ibadurrahman dengan sangat indah dalam QS. Al-Furqan Ayat 63-77. Dan salah satu sifatnya adalah, hamba yang selalu mendirikan shalat malam.63. Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.
64. Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka
65. Dan orang-orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, jauhkan azab jahannam dari kami, sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal.”
66. Sesungguhnya jahannam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman.
67. Dan orang-orang yang apabila membelanjakan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, dan adalah (pembelanjaan itu) di tengah-tengah antara yang demikian.
68. Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barang siapa yang melakukan yang demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa(nya),
69. (yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina,
70. kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
71. Dan orang-orang yang bertaubat dan mengerjakan amal saleh, maka sesungguhnya dia bertaubat kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya.
72. Dan orang-orang yang tidak memberikan persaksian palsu, dan apabila mereka bertemu dengan (orang-orang) yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka lalui (saja) dengan menjaga kehormatan dirinya.
73. Dan orang-orang yang apabila diberi peringatan dengan ayat- ayat Tuhan mereka, mereka tidaklah menghadapinya sebagai orang- orang yang tuli dan buta.
74. Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.
75. Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam syurga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya,
76. mereka kekal di dalamnya. Syurga itu sebaik-baik tempat menetap dan tempat kediaman.
77. Katakanlah (kepada orang-orang musyrik): “Tuhanku tidak mengindahkan kamu, melainkan kalau ada ibadatmu. (Tetapi bagaimana kamu beribadat kepada-Nya), padahal kamu sungguh telah mendustakan-Nya? karena itu kelak (azab) pasti (menimpamu).”

Dalam ayat 63 hingga ayat 77 QS. Al-Furqan di atas, jelaslah bahwa seorang ‘ibadurrahman memiliki sifat sebagai berikut:

  1. orang yang rendah hati lagi senang membalas dengan sesuatu yang baik atau dengan sesuatu yang lebih baik.
  2. orang yang bertahajud melakukan qiyamullail.
  3. orang yang takut akan murka Allah dan takut dimasukkan ke dalam neraka.
  4. Orang yang hemat, tidak kikir tapi juga tidak boros. Orang yang manajemen keuangannya bagus.
  5. Orang yang tauhidnya lurus, tidak membunuh yang diharamkan Allah dan tidak berzina [menjaga diri] karena azab Allah sudah disiapkan. Kecuali mereka bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh.
  6. tidak memberikan persaksian palsu, dan bila bertemu dengan orang-orang yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka tinggalkan dengan menjaga kehormatan dirinya.
  7. Menaati ayat-ayat Allah.
  8. Orang yang membina keluarganya menuju Allah karena mereka sadar bahwa pendidikan pertama dan utama adalah keluarga. Ayat ini bila dibaca dari maknanya, memohon menjadi imam bagi orang bertakwa, maka secara implisit meminta agar diri lebih baik hingga layak menjadi imam bertakwa. Kemudian membina keluarganya menjadi keluarga yang qurrata a’yun, kebaikannya terasa dan terlihat.

Maka balasan Allah terhadap ‘ibadurrahman itu adalah bahwa ada surga yang menanti kehadiran ‘ibadurrahman.

Wallahu a’lam.

    • zahra
    • Oktober 12th, 2011

    subhanaallah

    • uzai
    • April 4th, 2012

    semoga allah memberikan kekuatan untuk senantiasa melaksanakan sholat tahajud

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: