GERAKAN SHALAT BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN TUBUH


Shalat ternyata tidak hanya menjadi amalan utama di akhirat nanti, tetapi gerakan-gerakan shalat paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Bahkan dari sudut medis, shalat adalah gudang obat dari berbagai jenis pnyakit.

Allah, Sang Maha Pencipta, tahu persis apa yang sangat dibutuhkan oleh ciptaanNya, khususnya manusia. Semua perintahNya tidak hanya bernilai ketakwaan, tetapi juga mempunyai manfaat besar bagi tubuh manusia itu sendiri. Misalnya, puasa, perintah Allah di rukun Islam ketiga ini sangat diakui manfaatnya oleh para medis dan ilmuwan dunia barat. Mereka pun serta merta ikut berpuasa untuk kesehatan diri dan pasien mereka.

Begitu pula dengan shalat. Ibadah shalat merupakan ibadah yang paling tepat untuk metabolisme dan tekstur tubuh manusia. Gerakan-gerakan di dalam shalat pun mempunyai manfaat masing-masing. Misalnya:

Takbiratul Ihram

Berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar tlinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah. Gerakan ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, getah bening (limfe), dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancer ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancer. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

Ruku’

Ruku’ yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Gerakan ini bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi serta fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat saraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi untuk merelaksasikan otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah sarana latihan bagi kemih sehingga gangguan prostate dapat dicegah.

I’tidal

Bangun dari ruku’, tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan setinggi telinga. I’tidal merupakan variasi dari postur setelah ruku’ dan sebelum sujud. Gerakan ini bermanfaat sebagai latihan yang baik bagi organ-organ pencernaan. Pada saat I’tidal dilakukan, organ-organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Tentu memberi efek melancarkan pencernaan.

Sujud

Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai. Posisi sujud berguna untuk memompa getah bening ke bagian leher dan ketiak. Posis jantung di atas otak menyebabkan daerah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan sujud dengan tuma’ninah, tidak tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Posisi seperti ini menghindarkan seseorang dari gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik ruku’ maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Duduk di antara sujud

Duduk setelah sujud terdiri dari dua macam yaitu iftirosy (tahiyat awal) dan tawarru’ (tahiyat akhir). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki. pada saat iftirosy, tubuh bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan saraf nervus Ischiadius. Posisi ini mampu menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tawarru’ sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (uretra), kelenjar kelamin pria (prostate) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan dengan benar, posisi seperti ini mampu mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarru’ menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.

Salam

Gerakan memutar kepala ke kanan dank e kiri secara maksimal. Salam bermanfaat untuk bermanfaat untuk merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala sehingga mencegah sakit kepala serta menjaga kekencangan kulit wajah.

Gerakan sujud tergolong unik. Sujud memiliki falsafah bahwa manusia meneundukkan diri serendah-rendahnya, bahkan lebih rendah dari pantatnya sendiri. Dari sudut pandang ilmu psikoneuroimunologi (ilmu mengenai kekebalan tubuh dari sudut pandang psikologis) yang di dalami Prof. Soleh, gerakan ini mengantarkan manusia pada derajat setinggi-tingginya. Mengapa?

Dengan melakukan gerakan sujud secara rutin, pembuluh darah di otak terlatih untuk menerima banyak pasokan oksigen. Pada saat sujud, posisi jantung berada di atas kepala yang memungkinkan darah mengalir maksimal ke otak. Artinya, otak mendapatkan pasokan darah kaya oksigen yang memacu kerja sel-selnya. Dengan kata lain, sujud yang tuma’ninah dan kontinu dapat memicu peningkatan kecerdasan seseorang.

Setiap inci otak manusia memerlukan darah yang cukup untuk berfungsi secara normal. Darah tidk akan memasuki urat saraf di dalam otak melainkan ketika seseorang sujud dalam shalat. Urat saraf tersebut memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja. Ini berarti, darah akan memasuki bagian urat tersebut mengikuti waktu shalat, sebagaimana yang telah diwajibkan dalam Islam.

Riset di atas telah mendapat pengakuan dari Harvard University, Amerika Serikat. Bahkan seorang dokter berkebangsaan Amerika yang tak dikenalnya menyatakan diri masuk Islam setelah diamdiam melakukan riset pengembangan khusus mengenai gerakan sujud. Di samping itu, gerakan-gerakan dalam shalat sekilas mirip gerakan yoga ataupun peregangan (stretching). Intinya, berguna untuk melenturkan tubuh dan melancarkan peredaran darah. Keunggulan shalat dibandingkan gerakan lainnya adalah di dalam shalat kita lebih banyak menggerakkan anggota tubuh, termasuk jari-jari kaki dan tangan.

Sujud adalah latihan kekuatan otot tertentu, termasuk otot dada. Saat sujud, beban tubuh bagian atas ditumpukan pada lengan hingga telapak tangan. Saat inilah kontraksi terjadi pada otot dada, bagian tubuh yang menjadi kebanggan wanita. Payudara tak hanya menjadi lebih indah bentuknya tetapi juga memperbaiki fungsi kelenjar air susu di dalamnya.

Masih dalam posisi sujud, manfaat lain yang bisa dinikmati kaum hawa adalah otot-otot perut (rectus abdominis dan obliqus abdominis externus) berkontraksi penuh saat pinggul serta pinggang terangkat melampaui kepala dan dada. Kondisi ini melatih organ di sekitar perut untuk mengejan lebih dalam dan lebih lama yang membantu dalam proses persalinan. Karena di dalam persalinan dibutuhkan pernapasan yang baik dan kemampuan mengejan yang mencukupi. Bila otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat, maka secara alami, otot ini justru menjadi elastis. Kebiasaan sujud menyebabkan tubuh dapat mengembalikan dan mempertahankan organ-organ perut pada tempatnya kembali (fiksasi).

Setelah melakukan sujud, kita melakukan gerakan duduk. Dalam shalat terdapat dua jenis duduk: iftirosy (tahiyat awal) dan tawaru’ (tahiyat akhir). Hal terpenting adalah turut berkontraksinya otot-otot daerah perineum. Bagi wanita, di daerah ini terdapat tiga liang yaitu liang persenggamaan, dubur untuk melepas kotoran, dan saluran kemih. Saat tawarru’, tumit kaki kiri harus menekan daerah perineum. Punggung kaki harus diletakkan di atas telapak kaki kiri dan tumit kaki kanan harus menekan pangkal paha kanan. Pada posisi ini tumit kaki kiri akan memijit dan menekan daerah perineum. Tekanan lembut inilah yang memperbaiki organ reproduksi di daerah perineum.

Pada dasarnya, seluruh gerakan shalat bertujuan meremajakan tubuh. Jika tubuh lentur, kerusakan sel dan kulit sedikit terjadi. Apalagi jika dilakukan secara rutin, maka sel-sel yang rusak dapat segera tergantikan. Regenerasi pun berlangsung dengan lancar. Alhasil, tubuh senantiasa bugar.

Menuru penelitian Prof. Dr. Muhammad Soleh dalam desertasinya yang berjudul “Pengaruh Shalat Tahajud terhadap Peningkatan Perubahan Respon Ketahanan Tubuh Imonologik: Suatu Pendekatan Neuroimunologi” dengan desertasi itu, Soleh berhasil meraih gelar doctor dalam bidang ilmu kedokteran pada program pasca sarjana Universitas Surabaya yang dipertahankannya beberapa waktu lalu.

Shalat tahajud ternyata bukan hanya sekedar shalat tambahan (sunah muakkad), tetapi jika dilakukan secara rutin dan ikhlas akan bisa mengatasi penyakit kanker. Secara medis, shalat tahajud mampu menumbuhkan respons ketahanan tubuh (imunologi) khususnya pada imunoglobin M, G, A, dan limfositnya yang berupa persepsi serta motivasi positif. Selain itu, juga dapat mengefektifkan kemampuan individu untuk menanggulangi masalah yang dihadapi.

Selama ini, ulama melihat ikhlas hanya sebagai persoalan mental psikis. Namun, sebetulnya permasalahan ini dapat dibuktikan dengan teknologi kedokteran. Ikhlas yang selama ini dipandang sebagai misteri dapat dibuktikan secara kuantitatif melalui sekresi hormon kortisol dengan parameter kondisi tubuh. Pada kondisi normal, jumlah kortisol pada pagi hari normalnya antra 38-690 nmol/liter. Sedangkan pada malam hari atau setelah pukul 24.00, jumlah ini meningkat menjadi 69-345 nmol/liter.

“Kalau jumlah hormone kortisolnya normal, dapat diindikasikan bahwa orang tersebut tidak ikhlas karena merasa tertekan. Demikian juga sebaliknya,” ujarnya seraya menegaskan temuannya ini membantah paradigma lama yang menganggap ajaran agama Islam semata-mata dogma atau doktrin.

Menurut Dr. Soleh, orang stress biasanya rentan sekali terhadap penyakit kanker dan infeksi. Dengan melakukan tahajud secara rutin dan disertai perasaan ihklas serta tidak terpaksa, seseorang akan memiliki respon imun yang baik serta besar kemungkinan terhindar dari penyakit infeksi dan kanker. Berdasarkan perhitungan medis, shalat tahajud yang demikian menyebabkan seseorang memiliki ketahanan tubuh yang baik.

Sumber: Eramuslim

Publikasi 02/12/2005 09:50 WIB

About these ads
    • saleh
    • Juli 2nd, 2007

    tolong kirim makalah ini dalam bentuk lengkap ke alamat saya :

    Dr. saleh zubeidi
    jalan imam bonjol no 158. gorontalo 96115

    • phantom
    • Juli 31st, 2007

    artikel nya bagus, tapi mau numpang pendapat nihhh. Cuman menguatkan artikel di atas, sebagai muslim tentu yang perlu kita sadari dan pahami adalah perintah nya itu datang dari ALLAH, dan untuk rahasia maupun kafiatnya bisa kita telaah setelah kita semua menyadari bahwa inti daripada kita melakukan aktifitas yang diperintah oleh ALLAh ini adalah wujud penghambaan diri kita kepada sang kholiq kita, sehingga untuk penelitian selanjutnya tentang kaifiat-kaifiat nya mustinya dijadikan sebagai dasar penguat kita bersama. Artikel2nya diperbanyak ya mas or mbak, banyak mengingatkan kita tentang hidup sesudah mati.

    • Teguh Prasetyo
    • Agustus 27th, 2007

    wah bagus yach makalahnya,,saya minta lengkapnya yach,,buat temen2 dan kita semua yach

    terima kasih

    • Sri Maryati
    • Agustus 30th, 2007

    Assalamualaikum

    subhanallah dapet ionfobaru neh

    mw minta file lengkapnya boleh…..????

    Klo boleh tolong kirim ke email saya

    terimaksih sebelumnnya

    wassalamu’alaikum wr.wb

    • ronialdo
    • September 5th, 2007

    subhanallah, infonya bermanfaat sekali!!! saya ucapkan terima kasih

    • Anishandini
    • September 6th, 2007

    assalamu’alaikum

    Artikel yang baik sekali, mudah-mudahan dengan informasi ini kita semakin yakin dan semakin tulus dalam melaksanakan perintah-Nya.

    • daus
    • September 15th, 2007

    assalamu’alaikum

    saya benar senang dengan artikel-artikel tentang agama Islam seperti ini, bisa memperkuat iman dan meyakini Islam. Isinya bagus banget, terus maju dengan arikel yang lebih banyak tentang Islam

    • Asep Abdurrahman
    • September 16th, 2007

    SubhnaLLAH Maha suci Allah dengan segala rahmat yang tellah diperintanhnya.Seandainya semuah hamba Allah melaksanakan serta mengetahiu atas faedah shalat niscaya manusia di muka bumi ini akan cerdas secara emosional,spritual maupun intelektual dengan ijin Allah swt.

  1. Sekedar mengingatkan kembali.
    SHALAT adalah salah satu ibadah yang “gratis”, modalnya hanya waktu, dan Allah meberi kita 24 jam sehari.Dengan asumsi satu rakaat dilakukan dalam 5 menit, kita hanya membutuhkan 85 menit atau kurang dari 1,5 jam. Itu adalah waktu untuk mengingat sang pemberi waktu, seringkali bila sudah menerima pemberian kita lupa pada sang pemberi.

    • Muhammad Rachmat
    • Oktober 20th, 2007

    Siapa yang Ingt SEHAT,KUAT dan TERHINDAR PENYAKIT ? Sholatlah jawabannya

    • Muhammad Rachmat
    • Oktober 20th, 2007

    Siapa yang Ingin SEHAT,KUAT dan TERHINDAR PENYAKIT ? Sholatlah jawabannya

    • Mujiarto Karuk
    • November 5th, 2007

    Assalamualikum Wr Wb Subhannalloh karna artikel ini sangat bagus maka saya mohon izin untuk turut uhuwah islamiyah maka artikel ini saya masukan dalam http://www.biropersonel.metro-polri.net/index.php?option=com_content&task=view&id=255&Itemid=1, semoga Alloh SWT Ridho dan kita semua termasuk hamba Alloh yang beruntung, dan semoga Alloh membalas lebih baik dan berlipat ganda amien

    Wasslamualaikum Wr Wb

    Mujiarto Karuk

    • Tahajud Call
    • November 7th, 2007

    wa alikum salam pak..silahkan..dengan senang hati…semoga dengan semakin banyak orang yang mengetahui tentang hal ini maka semakin banyak pula para pencari Allah ….amin…

    salam ukhuwah dari kami di Bandung pak….semoga persaudaraan kita akan terus bisa terjalin lebih akrab lagi.

  2. assalamualaikun wr. wb.
    suhanallah….saya sekarang dapat ilmu baru…….
    segla puji semoga dilimpahkan kepada hambanya…
    semoga anda mendapat keridhaannya……(amien)

    salam ukhuwah,semoga tali silaturahim dapat berjalan.

    • AGUNG ALI
    • Januari 23rd, 2008

    Ass Wr Wb
    Segala puji bagi Allah SWT pemilik segala ilmu
    heran………, aneh…….., sekaligus takjub akan tulisan ini, membuat rasa bangga terus bertambah menjadi seorang muslim dan akan terus berusaha untuk selalu istikomah, karena saya yakin masih banyak rahasia-rahasi Ilahi yang akan menambah keyakinan kita terhadap Islam sebagai agama satu-satunya yang diridhoi oleh Allah SWT

  3. semoga kita dapat mengamalkannya.

  4. terima kasih infonya.. bermanfaat sekali tuk saya

    • chitet
    • Februari 28th, 2008

    Alhamdulillah…………..semoga dapat bermanfaat bagi kita yang membacanya. Amin…………

    • FORISTIC Indonesia
    • Maret 3rd, 2008

    Boleh saya copy paste ke weblog saya?

    ke http://www.ryfes.wordpress.com

    • Rohaya
    • April 12th, 2008

    Subhanallah……
    Ternyata di dlm sholat itu menyimpan berjuta manfaat selain sebagai wujud dari penghambaan kita terhadap-Nya. Allah tau benar apa yg terbaik untuk hamba-hambaNya.
    Jadi apa yg kita tunggu lagi…?????
    Mari kita berlomba dlm kebajikan….!!!!!!!!!

    • nasirin
    • Mei 28th, 2008

    alhamdulillah.
    terima kasih atas makalah yang bermanfaat ini, ternyata gerakan sholat dapat menjadikan kita sehat dan sangat bermanfaat.
    mari kita sholat yang ihklas dan khusu,
    semoga alloh memberikan kesehatan dan kekuatan untuk menjalankan ibadah …..amin

    • anisah
    • Mei 29th, 2008

    artikelnya bagus sekali, pengetahuannya bisa meningkatkan ibadah kita.
    kalo boleh, tolong saya dikirimi artikelnya ke email saya

    • Irwan
    • Juni 4th, 2008

    Allahu Akbar,

    Shalat Selain mengapai amalan akhirat, juga sangat berguna untuk mendukung aktivitas hidup di dunia.

    Kembangkan dan da’wahkan terus artikel semacam ini.

    • erna
    • Juni 12th, 2008

    assalamu alaikum wr wb,

    subhanalloh artikel bagus,

    Kalo pusing saya suka berlama-lama sujud dalam sholat,
    lama-lama ga terasa tuh nyut-nyut nya.

  5. allah huakbar..
    mh sc allh saya sering bingung knp pada saat sujud aliran darah dikepala rasanya nyut-nyut bgaimana sujud yang baik . . ? karena saya sering pusing yang begitu amat sakit.

    • ansori
    • Juni 29th, 2008

    artikel yang sangat bermanfaat untuk semua umat manusia.
    untuk menjalani hidup di dunia dan akherat kelak.

    mohon artikel ini dikirimkan ke alamat email saya.

    terima kasih.

    ansori, st

    • MooNY!!!
    • Juli 21st, 2008

    ALLAH HU AKBAR!!! sungguh mahabesar ALLAH yang menjadikan bermacam-macam makhluk!!!DAN sungguh!!! Dibalik Segala yang DIA ciptakan,pasti ada hikmah yang besar!!! ALLAH HU AKBAR!!!

    • Ra
    • Agustus 10th, 2008

    Assalamu’alaikum..
    Artikelnya bgus skali untuk menambah pengetahuan kita.Minta tolong kirimkan lengkap ke email saya..Syukran.

    • maharani
    • Agustus 18th, 2008

    Assalamu’alaikum,
    Bisa kah artikel ini di kirim ke email saya ?
    Trimakasih sebelumnya untuk bantuannya..

    Salam,
    Maharani

    • alsya
    • September 8th, 2008

    assalamu’alaikum…
    alhamdulillah dgn membc artikel ini an dpt mengerti dan thu diblik smua mnfaat gerkn sholt yg dpt jg membntu mgtasi sgla mcm pnyakit…

    • alsya
    • September 8th, 2008

    assalamu’alaikum ….
    alhamdulillah dgn membaca artikel ini an dpt thu dan mengerti di blik semua gerakn sholt…

    • andi
    • September 20th, 2008

    alhamdulillah.. baik sekali infonya, smoga ada info lagi yang lebih baik y..

    • dr dhadi
    • November 30th, 2008

    Assalamu’alaikum

    sedikit masukan saja.
    mohon manfaat2 gerakan shalat yang ada di artikel ini diperkuat dengan penelitian/bukti ilmiah tidak sekedar asumsi saja. atau minimal dicantumkan referensinya. contoh penelitian seseorang

    syukron, wassalam

    • dHanY
    • Januari 3rd, 2009

    Wah, infonya bermanfaat banget nih. stelah ane baca, ane jadi tau betul manfaat gerakan solat… subhanallah…

  6. semual anjuran atau perintah yang datangnya dari Allah itu tidak ada yang sis-sia semua punya manfaat yang besar siapa yang memegang teguh padanya maka dia akan selamat maka tentunya dia sehat

  7. Perintah yang asalnya dari ALLAH SWT, tidak ada yang sis-sia siapa yang memegang teguh pada perintah tersebut maka selamatlah dia

  8. artikelnya bagus sekali, saya jadi tertarik dan semoga saya bisa melaksanakan sholat malam dengan baik dan istoqomah serta ihlas menjalankannya. semoga kita semua tetap dalam lindungan dan ridho-Nya. Amin

    • pandu
    • Januari 27th, 2009

    terimah kasih banyak, dengan membacah artikel ini saya bisa lebih mengenal arti sholat yang saya dan semua orang jalankan selama ini.

    • FIRDINA SALEH
    • Februari 9th, 2009

    alhamdullilah, terimakasih atas artikel, yang memberikan gambaran tentang kekuatan, keindahan, dan kemanfaatan sholat, semoga allah selalu menjaga keimanan kita semua. Amin

    • adie
    • Februari 9th, 2009

    Alhamndulillah, smoga kt yg m’jalankannya dpt dua kali manfaatnya. kewajiban terpenuhi dan kesehatan kita slalu terjaga.
    ayo trimakasih yg byk kpd Alloh,swt krn dgn kt menyembahnya kita juga dikasih kesehatnan.

    • ila
    • Februari 23rd, 2009

    AsSLm ….

    Subhanallah,
    sungguh beruntung dan mulia orang2 yang mengerjakan sholat.
    selain memiliki nilai ibadah,tapi juga bisa membawa dampak sehat bagi kita.

    Makalahnya bagus bngedh,bleh minta kiriman yang lengkapnya gak????????????
    klu blh,kirimin k email saya y..

    befire it,
    thanks..
    wsslm…

    • iyeh
    • Februari 27th, 2009

    asw.
    subhanallah bagus bgt artikelnya,
    boleh kirim artikel lengkapnya ke email sayakan,,,,

    • tina
    • Maret 18th, 2009

    tolong dx artikel ini dikirim ke alamat aq di jl. puspowarno raya no. 64 semarang.tq

    so artikelna bagus bgt……

    • Qandyas
    • Maret 26th, 2009

    Subhanallah, Artikel yang bagus dan bermanfaat. Allah telah mewajibkan Shalat berikut dengan berbagai manfaat yang diperoleh bagi orang yang mendirikannya.

    • meerha
    • Maret 31st, 2009

    Alhamdulillah,saya dapt info y bermanfaat ini,saya baru paham sholat itu bukan hanya ibadah semata..Subhanallah.mudah2an banyak pembaca y bisa memahami arttikel ini termasuk saya……..

    • SON”BOY
    • April 1st, 2009

    AKU INGIN RAJIN SHOLAT TAHAJUD………………….

    • edith mustar
    • April 2nd, 2009

    Alhamdulillaah… Saya sering mendengar di pengajian-pengajian bahwa gerakan-gerakan shalat dapat menyehatkan, tetapi tidak selengkap seperti yang barusan saya baca. Terimakasih info yang sangat bermanfaat dan lengkap ini, semoga menjadi amal baik saudara, amin.

  9. Alhamdulillaah… saya pernah mendengar tentang kaitan antara gerakan-gerakan shalat dengan kesehatan tetapi belum selengkap yang barusan saya baca. Terima kasih info yang sangat lengkap dan bermanfaat ini, semoga menjadi amal baik saudara. Amin…

    • akmal fais
    • Mei 4th, 2009

    mkalah lengkapnya bisa di beli di mana?

    • al imran
    • Mei 17th, 2009

    saya sering mendengar tentang hal ini, tapi baru kali ini saya dapat info yang lebih jelas. mohon kesediaannya untuk mengirim artikel lengkap ke e-mail saya, alhamdulillah, assalamu alaikum wr wb.
    imran.al40@yahoo.com

  10. segala puji bagi Allah s.w.t, semoga orang-orang islam saat sekarang ini, makin tambah sadar dan mereka sholat, bahwa sholat itu memang suatu kewajiban yang harus dilakukan, dan semuanya itu berlanjut kepada kebaikan untuk diri kita sendiri, artikelnya bagus…mudah-mudahan Allah s.w.t memberkahinya. Amiennn.

    • nawal
    • Agustus 8th, 2009

    kalo kita kaji lebih dalam,sebenarnya semua perintah allah sangat bermanfaat bagi kita semua,mulai dari perintah solat,puasa,berwudhu,dll.Alhamdulillah dengan adanya artikel ini,kt semua bisa lebih khusu dlm ibadah kt

    • ali
    • Agustus 19th, 2009

    makalah ini sangat baik dan bagus, menguatkan tentang sholat,dan kesehatan bagi yang menjalaninya,,,Subhanallah ternyata sholat bukan hanya kewajiban bagi umat islam, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan jasmani umat islam..terimakasih, wassalam

    • diana
    • September 5th, 2009

    Subhanalloh y…..
    mohon doa’y juga,diana Lg bikin karya tulis about it.

    • ukhti khulailah barid
    • September 17th, 2009

    assalamualaikum

    infonya sangat menakjubkan. Membuat saya semakin mengenal Allah, dan menemukan kagungan-Nya.

    Terimakasih,
    wassalamualaikum,,,,,,,,,,,,,,

    • sofyan
    • September 24th, 2009

    Allahu Akbar…. Allahu Akbar….Allahu Akbar.. Sungguh Dia (Allah SWT) Yang menguasai semesta Kehidupan. bagus artikelnya semoga dengan Rattil Al Qur’an yang dilanjutkan dengan Shalat menjadi kan kita Menjadi Mahkluk Yang Mutakhir menurut kehendak Allah SWT.

    • khayun nawawi
    • September 25th, 2009

    Aq mau dikirimi artikel rah asia-rahasia bacaan dalam salat. biar tambah khusyuk tentunya.

    • edi suprayitno
    • Oktober 14th, 2009

    subhanallah…

  11. maka lakukan sholat biar tubuh kita sehat

  12. ini adalah ilmu yang seharusnya di pahami oleh semua umat muslim, agar sholat kita bukan saja karena mengharap pahala yang masih nun jauh disana, tetapi sholat benar-benar dilakukan karena kesadaran sebagai umat muslim dan kesadaran akan keperluan jasmani dan ruhani kita.. ”
    terkadang kelemahan kita sebagai orang muslim , adalah tidak tahu esensi dari sholat, maka ketika kita ditanya tentang sholat, kita bingung.

    kemarin sebelum saya koment di artikel ini, saya tanta ke seorangteman , ” kang kenapa kita mesti sholat, apa sih sebenarnya manfaat gerakan sholat. kenapa mesti demikian? temen saya bingung mau jawab apa,. nah mungkin masih mending yang tanya adalah sama-sama muslim, bagaimana jika yang bertanya adalah, nasrani, yahudi, ato buda ato yang lain-lain. bukan bermaksud mengkotak-kotakan agama ya .. hihihiiihihi…

    • iya.. memang mesti hati-hati dan kritis soal ibadah ini..

  13. solat yang bermanfaat buat kesehatan adalah solat yang dilakukan penuh keikhlasan dan meyakini janji Allah bahawa Dia adalah yang menyembuhkan.

    • yuhanas yulianto
    • Desember 2nd, 2009

    bisa minta tolong,,kirim makalah ini selengkapnya ke email saya

    terima kasih sebelumnya.

    sinyo.sirogasi@gmail.com

    • heri
    • Februari 18th, 2010

    Bu / Pak
    mohon kiranya makalah ini di kirim ke email saya, agar semangat dan keinginan mendekatkan diri ke Allah semangkin meningkat

  14. alhamdulillah, trimakasih banyak semoga Allah senantiasa menunjukkan dan membuka jalan yang terbaik bagi Qta, amin.

    • abdul
    • Februari 22nd, 2010

    artikelnya tak copy di blog saya y.tapi tetep tak tulis sumber dari blog ini…biar semua umat muslim tahu…kabar baik kn harus disebarin….

    • izoel
    • Maret 24th, 2010

    asslkm wr wb,

    saya terkesan dgn penjelasan anda, makin meyakinkan saya untuk rajin bribadah dn mndekat kpda Alloh SWT, smga selalu dlimpahkan rahmat dn hidayah-Nya agar mnjadi mukmin yg briman hingga akhir hayat, amiin..

    • Hadi
    • April 12th, 2010

    jumlah kortisol pada pagi hari normalnya antra 38-690 nmol/liter. Sedangkan pada malam hari atau setelah pukul 24.00, jumlah ini meningkat menjadi 69-345 nmol/liter.
    Angka angka itu rancu: yg satu naik, tapi yg satu turun.
    Tolong betulkan.

    • WULAN
    • Mei 10th, 2010

    ASSALAMUALAIKUM……………
    TULISANNYA SANGAT BAGUS,MEMBUAT KITA SADAR BAHWA ISLAM AGAMA YANG RASIONAL BAGI YANG MAU BERFIKIR, TIDAK HANYA DOKTRIN SAJA, APAPUN YANG DIAJARKAN DI ISLAM DEMI KEBAIKAN UMAT DI BUMI….

  15. makasih buat arikelnya,ka.Aku jadi dapat penyegaran

    • Fikri
    • Agustus 12th, 2010

    Terimakasih..

    • Azhari
    • Agustus 16th, 2010

    minta izin share y,.. Thanks before,,.. ^_^

    • Adraya
    • September 3rd, 2010

    Assalamu’alaikum
    Tulisan yang sangat bagus. Niat kita beribadah adalah lillahi ta’ala. Tapi jauh lebih baik lagi jika kita mengerti apa yang kita kerjaan.
    Subhanallah
    Mudah2n kita menjadi orang yang sukses di dunia dan di akhirat. Amin.
    Permisi ijin repost di blog saya yah, hehe.

    http://adraya.blogspot.com

    • FITRI
    • September 26th, 2010

    Assalammualaikum. teramakasih udah bikin makalah kayak gini. Boleh nggak makalah ini aku jadiin artikel di mading sekolahku. Pleeeeaaaasse !

    • ako
    • September 27th, 2010

    makasih y buat info nya :D
    Solat solat solat, tiang agama
    Tingkatkan terus amal shaleh,

  16. luar biasa tulisannya n ijin untuk di upload dan di jadikan majalah dinding pada MA Negeri Banda tgl 28 september 2010

    • azad
    • November 7th, 2010

    bisa g saya minta makalah GERAKAN SHALAT BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN TUBUH, secara lengkap.
    kalau boleh tolong kirim k’alamat email saya
    makasih

    • kangmass azhari
    • November 9th, 2010

    alhamdulillah…. sampe saat ini artikel ini masih sangat bermanfaat.. menambah pengetahuan.. menjadikan solat lebih khusyu… dan semakin memupuk keyakinan..
    tararengkyu.. da ahh..

  17. Silakan kunjungi blog sehat di http://www.wisnuvegetarianorganic.wordpress.com/

  18. subhanallah walhamdulillah saya baru tahu info ini seperti nya ini sangat penting bagi kita semua

  19. benar2 luarbiasa sholat itu, batinya dapat fisiknya juga dapat. salam!

    • dessy
    • Desember 17th, 2010

    solat ternyata olahraga yang baik,, selain dapat manfaat sehatnya dengan menjalankan solat yg rutin dan iklas juga dapat takwanya…

    sehatnya dapet takwanya nambah,,,

    ok.. ok… tamabh semangath lagi dech buat mengerjakannya…

  20. Alhamdulillah….

    dengan ngerjain solat ga’ cuma dapet takwanya tapi juga dapet sehatnya

    ok… ok… perbaikin gerakan solat disertain ikhlas…
    jadi tambang semangat lagi nih solatnya

    • wuri
    • Januari 2nd, 2011

    lebihsempurna bisa tidak dengan gambarnya

  21. Hanya satu kata yang bisa kuucapkan “Aku bangga menjadi muslim”

  22. Terimakasih, anda telah mebantu saya dalam menemukan hal-hal baru.

  23. subhanallah, infonya bgus bgt,ane suka

    • didi wahyudi
    • April 27th, 2011

    Subhanallah…. ternyata sholat yg kadang aku melalaikanya banyak manfaat dan sangat berguna skali tuk kesehatan…
    Ya Allah ampuni dan maafkanlah hambaMu ini yg bnyk dosa ini,,, smoga Engkau slalu memberikan taufik dan hidayah Mu kepadaku…Amiiiin
    ku serahkan sholat, nusuk, hidup dan matiku ini hanya kepada Mu RAbb skalian alam…

  24. Tq.. atas informasinya silahkan anda berkunjung kembali ke blog saya di alamat diatas..

    tq.. atas partisipasinya
    assalamualikum… wr.. wb..

    • Affzan asril
    • Mei 4th, 2011

    ALLAHU AKBAR, memang sesungguhnya apapun yg diciptakan dan diperintahkan ALLAH SWT untuk umatnya, semuanya untuk kebaikan dan kebahagian DIDUNIA INI.
    Saya sdh lama mengharapkan para ulama, da’i atau ihkwan agar dalam mengkaji tuntunan agama ISLAM tidak hanya sebatas yg ghaib saja, seperti pahala, dosa atau shurga , neraka yg katanya baru dapat dirasakan setelah wafat atau di alam akhirat.
    Padahal apapun yg kita lakukan akan langsung kita rasakan selama didunia plud di akhirat.
    Pak SOLEH , JAZAQUMULLAH KHOIRON KHASYRON

    • Affzan asril
    • Mei 4th, 2011

    Assalamualaikum wr wb
    Semoga kita umat islam mau melaksanakan semua perintah ALLAH SWT, karena semua hanyalah untuk kebaikan dan kebahagian kita sendiri. Cobala renungkan. Wa salam mualaikum wr wb

    • Ranny lylaku islamic
    • Mei 21st, 2011

    Subahanallah, artikel,nya bagus dan bermanfaat sekali.

    • nasifatul intiha
    • Juni 1st, 2011

    subhanalloh,,,,mendirikan sholat itu sebetulnya untuk kebaikan kita juga,,,,makasih atas informasinya,,,

    • XXX
    • Juni 2nd, 2011

    WAH MAKIN RAJIN SHALAT NIH SAYA :D

  25. asslm trmksh infonya bs mt file lengkap gak tlng krm k alamat email saya ya trmksh wasslamslm trmksh infonya bs mt file lengkap gak tlng krm k alamat email saya ya trmksh wasslam

    • eman
    • Juli 14th, 2011

    setelah kita mengetahui’a maka untuk umat islam agar lg meninggalkan shalat, khusus saya sendiri,…

  26. bermanfaat sekali infonya.. numpang share boleh ya …

    • gisca romadona
    • Agustus 10th, 2011

    :) nice

    • yathi
    • Agustus 15th, 2011

    bagus banget,aqa mnta yg legkap,tlg krm k mailq,mks

  27. subhanallah

  28. ijin copas ya…. hehehe :D

    • ahmad affandy
    • September 22nd, 2011

    shalat dapat mencegah kita dari penyakit.dari itulah berbanyakkan sholat mu. yg selama ini hanya 3 waktu tambahkan menjadi 5 waktu……………?

    • wais uh
    • Oktober 14th, 2011

    saya sgt senag dengan penjelasannya………..krn dapat membantu menyadarkan bagi mereka yang malas melakukan shalat, utamanya mereka yg menderita sakit…..baru mau shalat or melaksanakan ibadah yg sudah diperintahkan padahal shalat dapat membuat tubuh kita menjadi sehat, membuat hati jadi tenang, dan membuat otak dapat berpikir rasional……serta jauh dari gangguan JIWA yg banyak dialami orang2 saat ini dan mereka tidak menyadari akan hal itu…..

    • gusemajnoenelfadania
    • Oktober 16th, 2011

    nderek ngopi njih ?!.,_

    • Lilid
    • Oktober 17th, 2011

    Subhanallah .. IZIN copy ya.. n sebarin juga

    • yoga
    • Desember 4th, 2011

    alhamdulilah.walau telat saya dpt ilmu br dr sdr yg peduli pada dakwah islam.yg menggnkn media ini utk menympaikan ilmu yg ddpt utk dsbrkn kpada smua umat.tulis trus mklah lain,smga jd ldang amal utk pembuatnya.amin.trm ksih ilmunya,insya alloh mnmbh knikmatan saya dlm menjlaniny.

    • osly rachman
    • Januari 9th, 2012

    Alhamdulillah, telah menambah ilmu saya, semakin jelas bukti ilmiahnya bhw shalat itu utk kemanfaatan manusia itu sendiri di dunia dan akhirat, Itu juga karena maha kasih sayangnya Allah SWT pada makhluk ciptaaNYA yg paling sempurna. Mari kita Shalat dengan penuh khusuk dan yakin.. petik manfaatnya…

    • siti
    • Januari 23rd, 2012

    wah baru tahu nih

  29. referensi diperjelas ya

    • amiruddin
    • Februari 4th, 2012

    Info sangat berguna semoga dapat berguna bagi semua orang

    • DMR
    • Februari 22nd, 2012

    ALLAHU AKBAR

    Indahnya Shalat

    • ishom
    • Maret 4th, 2012

    Bagus trimakasih atas tambahan ilmunya

  30. ok tapi lamanya gerakan/tumaninah manfaatnya bagi kesehatan dimana?

  31. ass. wr.wb
    sholat itu tiang agama yang perlu kita lakukan
    terimakasih atas infonya
    wasalam

  32. ass.wr.wb
    jagan perna meninggalkan sholat karna itu sagat dosa besar
    karna pada hari kiamat sholat itu ditaya kan oleh allah terlebih dahulu

    • ipung
    • Maret 21st, 2012

    terima kasih atas infonya semoga dapat bermanfaat bagi kita semua

    • ardias
    • April 21st, 2012

    ijin share gan…

    • sukma
    • April 22nd, 2012

    ijin share

  33. mks infox

    • iqbal
    • Juni 4th, 2012

    Semoga yang menulis artikel ini mendapat berkah kesehatan dan materi dari Allah SWT…..amiin.

    • sofwan Muhammas
    • Juli 21st, 2012

    subhanallah……..Allah menciptakan gerakan yang diturunkanNya melalui Rasulullah tercinta adalh semata-mata untuk manfaat ummatNya….amiin

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 41 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: