Menyingkap Rahasia Sains Tahajud


Pada saat seseorang menggelar sajadah untuk menunaikan shalat tahajud, ia berada dalam kondisi layaknya orang yang melakukan meditasi dan relaksasi. Jika kita pernah mendengar lirik lagu Tombo Ati yang didendangkan budayawan kondang Emha Ainun Nadjib bersama kelompok musik Kiai Kanjeng, tahajud disebut sebagai salah satu pengobat hati. Sebab shalat sunah yang ditunaikan di keheningan malam itu, mengantarkan orang yang menunaikannya menjadi lebih dekat dengan Allah. Hati yang dekat dengan Tuhannya adalah hati yang damai.

Orang yang rindu tahajud adalah orang yang mempunyai kadar keikhlasan lebih. Ia rela untuk menghentikan kelelapan tidurnya dan bersimpuh pada Sang Khalik. Alquran memuji mereka dengan menyebutnya sebagai orang-orang yang menjauhkan lambungnya dari tempat peraduan.

Tahajud diketahui sebagai ibadah yang ditunaikan pada malam hari, saat setiap orang mengistirahatkan tubuhnya dari kelelahan aktivitas di siang hari. Banyak kalangan menyatakan bahwa idealnya masa tidur di malam hari adalah enam hingga delapan jam. Tidur di malam hari akan memberikan energi baru bagi seseorang untuk melakukan aktivitasnya di pagi hingga siang hari.

Namun kemudian muncul sebuah pendapat lain dari seorang ilmuwan bernama Ray Meddis. Ia menyatakan bahwa masa tidur yang sempurna hanyalah tiga hingga empat jam setiap harinya. Seseorang akan mengalami deep slep sekitar tiga hingga empat jam saja. Tentu seorang Muslim mampu memanfaatkan sisa masa tidur itu untuk memadu cinta dengan Tuhannya, melalui shalat tahajud.

“Bangunlah untuk shalat di malam hari kecuali sedikit daripadanya. Yaitu seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Alquran dengan perlahan-lahan.” (Al-Muzammil [73]: 2-4).

Seorang ilmuwan Muslim asal Mesir, Fadhlalla Haeri, menyatakan bahwa ayat tersebut memberikan panduan bagi muslim untuk mencapai keseimbangan. Di sisa masa istirahatnya, tiga jam masa efektif tidur malam, maka ia pun semestinya bangun untuk menjalankan aktivitas yang bermanfaat. Bangun di waktu malam adalah salah satu aktivitas yang memberikan manfaat.

ia menambahkan, pada saat itu energi did lam tubuh seseorang berada dalam kondisi rndah. Selain itu, medan refleksi juga begitu bersih. Dalam tradisi India, kondisi seperti itu disebut sebagai tahap pembentukan kesadaran yang terjadi pada titik energi ketujuh atau cakra mahkota. Dampaknya, akan meningkatkan intuisi seseorang dan kesadaran diri untuk mampu mengendalikan emosi negatif.

Menurut Haeri, pada saat seseorang menggelar sajadah untuk menunaikan shalat tahajud, ia berada dalam kondisi layaknya orang melakukan meditasi dan relaksasi atas kelenjar pineal. Ini akan menspiritualkan intelektual sesorang disertai dengan kemampuan personal untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah serta menjalin hubungan yang harmonis dengan sesamanya.

Tak hanya itu, pada saat matahari terbenam, kelenjar pineal mulai bekerja dan memproduksi hormon melatonin dalam jumlah besar dan mencapai puncaknya pada pukul 02.00 hingga 03.00 dini hari. Hormon inilah yang kemudian menghasilkan turunan asam amino trytophan dalam jumlah besar pula.

Tahukah Anda? Tahajud menjadi sarana untuk mempertahankan melatonin dalam jumlah yang stabil.

Hormon melatonin akan membentuk sistem kekebalan dalam tubuh dan membatasi gerak pemicu tumor seperti estrogen. Haeri mengungkapkan bahwa pada masa kanak-kanak melatonin yang ada di dalam tubuh berjumlah 120 picogram. Namun jumlah tersebut akan semakin menurun pada usia 20 30 tahun. Selain secara alamiah, pengurangan jumlah melatonin di dalam tubuh juga diakibatkan adanya pengaruh eksternal, seperti: tidur larut, medan elektromagnetik, dan polutan kimia misalnya pestisida, yang pada akhirnya menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi dan sakit kepala. Pada titik tertentu bahkan menyebabkan turunnya sistem kekebalan tubuh.

Kafein yang terkandung di dalam kopi, teh hitam, dan soda tertentu juga akan menyebabkan kemampuan antioksidan melatonin berkurang. Keadaan ini akan membahayakan sel-sel tubuh saat seseorang tengah terjaga. Dengan demikian, kata Haeri, yang harus menjadi perhatian adalah bukan kuantitas tidur seseorang untuk memberikan kebugaran pada tubuh, tetapi justru kualitas tidur. Tiga jam adalah waktu yang cukup untuk itu.

Tahajud tidak hanya memberikan pengaruh pada posisi melatonin. Gerakan ibadah di sepertiga malam terakhir ini juga memberikan pengaruh tertentu pada tubuh. Setidaknya, pada saat berdiri tegak dan mengangkat takbir secara tidak langsung akan membuat rongga toraks dalam paru-paru membesar. Ini akan menyebabkan banyak oksigen yang masuk ke dalamnya. Ada kesegaran yang dirasakan ketika seseorang dapat menghirup udara segar ke dalam paru-parunya di keheningan malam itu. Pada saat sujud, seluruh berat dan daya badan dipindahkan sepenuhnya pada otot tangan, kaki, dada, perut, leher, dan jari kaki. Proses ini dilakukan berulang-ulang sesuai jumlahrakaat shalat tahajud yang kita lakukan.

Setelah oksigen masuk ke dalam paru-paru, oksigen diedarkan ke seluruh tubuh dengan lancar karena adanya pergerakan otot selama ruku’ dan sujud. Selain itu, dalam shalat seseorang juga melakukan gerakan duduk di antara dua sujud dan tahiyat yang menyebabkan adanya gerakan tumit, pangkal paha, jari tangan, jari kaki, dan lainnya. Tentu peredaran oksigen akan menjadi lancar.

Sumber: HobiBaca.com

Penulis: fer/iol

About these ads
    • Suseno B Prasetyo
    • Juni 26th, 2007

    Memang tak ada kehidupan seindah hidup dalam Islam. Tak ada kematian seindah syahid di jalan Allah. Saya quotes materi ini dalam blog saya boleh?

    • Makasih infonya sangat menarik. Saya baru mencoba untuk konsisten melaksanakan sholat tahajud. Mohon bimbingan dan dukungannya.

    • tahajudcall1027fm
    • Juni 27th, 2007

    silahkan kang… boleh kok. Sumbernya ditulis juga ya kang.

      • Buksii
      • Januari 11th, 2010

      Informasi yang sangat menarik dan menyentuh hati saya..jujur saya sudah mulai merasa jauh dengan “semua” ini.. Mohon di bantu dan di bimbing agar saya dapat merealisasikan itu.. Saya ingin mendekatkan di pada-Nya.. Mohon didukung dan di bimbing.. Terima kasih..

    • asaria
    • September 1st, 2007

    Alhamdulillah, artikel kita yang satu ini dimuat di seputarkita.com.

    http://www.seputarkita.com/lengkap.php?aid=230

    semoga, dengan makin menyebarnya tulisan ini, makin menyebar pula orang-orang yang menghidupkan malam-malamnya dengan tahajjud. Sehingga mimpi kita bersama Indonesia Bertahajjud bisa tercapai.
    Amin.

    • windi
    • September 14th, 2007

    teruslah menyebarkan ilmu mengenai hal2 yang berhubungan dengan ketauhidan kepada Alloh S.W.T,karena kami sebagai pembaca sangat berterima kasih sekali,karena dengan adanya artikel/ buletin ini banyak sekali input/ilmu yang kami dapat terutama mengenai tahajud ini.

    • khairull
    • September 15th, 2007

    subhanallah… Maha Benar Allah…

    • Asep Abdurrahman
    • September 16th, 2007

    Maha Suci Allah dengan segala perintah yang semuahnya mengandung hikmah serta manpaat yang besar buat kehidupan manusia yang melaksanakanya.Batapun tidak didengar peritahnya oleh hambanya tetapi yang maha kuasa tidak rugi atas hal itu.Manisia selayaknya bersyukur atas semua karunia yang terkandung dalam segala perintah yang terdapat dalam KALAMNYA serta Sabda RosulNYA.Syukron pada Pada hamba ALLah Yang telah mengungkap sain tahujud sehingga secara pribadi saya dapat membaca tulisan tersebut.Semoga Allah membalas dengan limpahan RahmmatNYA, Amin

    • Asep Abdurrahman
    • September 16th, 2007

    Maha Suci Allah dengan segala perintah yang semuahnya mengandung hikmah serta manpaat yang besar buat kehidupan manusia yang melaksanakanya.Batapapun tidak didengar peritahnya oleh hambanya tetapi yang maha kuasa tidak rugi atas hal itu.Manisia selayaknya bersyukur atas semua karunia yang terkandung dalam segala perintah yang terdapat dalam KALAMNYA serta Sabda RosulNYA.Syukron pada Pada hamba ALLah Yang telah mengungkap sain tahujud sehingga secara pribadi saya dapat membaca tulisan tersebut.Semoga Allah membalas dengan limpahan RahmmatNYA, Amin

      • ukin
      • Juli 9th, 2009

      alhamdulillah,saya telah mengalami kerinduan tehadap tahajud,insa allah 7 hari berturut2 anda akan rindu selalu,bahkan kecewa kalo terlewatkan .

    • Muhammad Rachmat
    • Oktober 20th, 2007

    IMAM HASAN AL BASRI ditanya Kenapa Orang yang senantiasa ber TAHAJUD WAJAHnya GANTENG dan TAMPAN-TAMPAN ? beliau menjawab ” Karena mereka senantiasa berdua-duaan dengan ARROHMAN ( Alloh swt ), hingga DIA ( Alloh swt ) menyematkan NUR-nya kepada para Ahli TAHAJUD….
    by : Muhammad Rachmat, 0819 1041 5299

    • bagus ridlo
    • Desember 10th, 2007

    JAZZAKUMULLAH KANG.. BUAT MATERI KULTUM!MENARIK…HE2

  1. Jazzakumullah ya..atas ilmunya…
    Boleh di quote di blog pribadi ngga?

    • eva musdalifah
    • Agustus 19th, 2008

    alhamdulillah ada pencerahan

  2. Asalamualaikum
    saya seorang siswa yang ingin menyikap rahasi dari

    • Maroon
    • Oktober 20th, 2008

    Alhamdulillah……….
    dengan sempitnya coretan diatas telah membuka lebar mata hati saya untuk merindukan TAHAJUD………

    Ajarkan terus kepada saya untuk terus merindukan perintah_Nya……….

    Insyaallah,………dengan tulisan – tulisan anda, dan dengan ridhlo Allah SWT saya tidak akan tersesat kembali………..

  3. weih luar biasa, ini yang aku cari. tulisan ini aku copy boleh ya? sumbernya pasti aku tulis. oh ya kalo boleh aku minta foto penulisnya dong, mau aku pampang di blog ku. tims banyak sebelumnya.

    • elvagzyanda gyn
    • November 19th, 2008

    moga senyum keikhlasan akan tetap hiasi kita dlam naung kasih hangat_Nya

    • ali
    • November 24th, 2008

    Mohon doanya agar saya bisa mengamalkanya.matur nuwun

  4. selain buat ksehatan tahajud juga dapat memberikan ketenangan batin. tahajud yuuuuuuuuuuuuuuuu

  5. Subhanallah… Ternyata luar biasa efek tahajud
    bagi orang yg melakukannya. Selanjutnya, singkat
    saja: 3M! Mulai dari diri sendiri, mulai dari
    hal yang kecil, dan Mulai sekarang juga!

    • ema nurhalimah
    • Desember 11th, 2008

    subhanallah,,,
    allahu akbar,,,
    semoga allah senantiasa menuntun kita untuk selalu taat kepada nya..
    melaksanakan segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya..

    ya Allah,,
    ya Rabb,,
    tetapkanlah hati kami dalam keimanan kepa da Engkau………

    syukron katsieron atas di muatnya artikel di atas..
    subhanallah,, saya benar-benar termotifasi untuk bisa bangun di tengah malam,,
    bermunajat kepada sang kholiq,,

    semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua,,,,,,,,

    • iwan
    • Desember 24th, 2008

    subhanalloh

  6. TAHAJUD is the best…ayo kita tingkat gerakan tahajud nasional…kunjuni http://fathululum-badruns7.blogspot.com

    =====
    Betul sekali, akhi. Semoga kita bisa mewujudkan, Indonesia bertahajud 2010. Amin.

  7. Doa apa yg afdhal dibaca stlh shalat tahajud?

    • Vissa
    • Februari 20th, 2009

    Alhamdulillah.makasih banget atas artikelnya.Semoga jiwa dan hati kita selalu didekatkan dengan Allah SWT

  8. Semoga bermanfaat dan menggugah hati setiap muslim untuk selalu dekat dengan Rab nya.amin

    • lukman
    • Mei 7th, 2009

    Mohon Ijin untuk ikut menyebarkanya di buletin likal mawadah

  9. bersimpuh dikeheningan malam…,
    di atas sajadah panjang….,
    bercengkrama dengan Sang Khalik…,

    mdah2an dawam…, aamien

    • Thobroni
    • Juni 11th, 2009

    Syukron katsiron wahai saudaraku…..betapa tahajud itu efeknya sangat dahsyat…Masya Alloh…

  10. Subhanallah

    lanjutkan perjuangan untuk siar islam,Sholat Tahajut sering juga disebut pedang malam akan membawa kita yang mau taat dalam kemenagan

    Amiiiiin

    wassalam

  11. Thx info nya. Aq sring tahajud tapi ga tidur lgi sampai subuh. Kok d skul aq ngantuk mulu? Apa yg salah dr tahajud q y? Mohon pencerahannya

  12. islam adalah agama yang sempurna

  13. ada kepasrahan dalam hati ini tatkala kita solat tahajud.. ya allah ya rahman ya rahim..

    • ariesta
    • April 10th, 2010

    setiap pukul 3 dini hari ibuku tidak pernah absen menelepon untuk membangunkanku tahajud dimanapun aku berada..=)

    • Dachlan Rangkuti
    • Mei 10th, 2010

    Sebelum melakukan shalat tahajud, saya lebih dulu mandi sekitar jam 2.30 dinihari. Guru ngaji saya mengatakan mandi di jam tsb akan menyehatkan dan menyembuhkan semua penyakit sebagaimana dialami oleh Nabi Ayyub yg banyak penyakit itu (lihat QS.38:42).Saya sdh 3o thn mempraktekkannya, dan insya Allah saya hampir tdk pernah sakit dan segar bugar sampai usia 73 thn sekarang. Mandi di malam yg sejuk itu (ingat, jangan pakai air panas, ya!) sangat ritmis dan syahdu, dan rasanya pertemuan kita dgn Sang Khalik sangat mesra dan selalu merasa mendapat ijabah atas doa2 yg kita panjatkan. Cobalah, semoga anda berhasil.

    • Cakra Pamungkas Moegito
    • September 26th, 2011

    Salat Tahajud berat dilaksanakan….. ( ? )
    Insya Alloh tidak saudaraku, mohonlah pada Alloh untuk diberikan kesempatan dapat melaksanakan salat malam tersebut dengan hati yang iklas, insya Alloh semuanya begitu diringankan dan dimudahkan Alloh SWT saat dalam melakukan salat itu, mulai dari saat dimulainya tidur malam hingga terbangunnya untuk melakukan salat malam….
    Dan yang saya rasakan, gaya temperamental saya, alhamdulillah 99% hilang dan tubuh merasa lebih sehat . rileks dan lebih tenang.
    Semoga atas ijin dan perkenan Alloh SWT , salat malam ini menjadi amalan rutin kami sekeluarga hingga hingga akhir hayat kami, amien

    • Adhy Shu
    • November 30th, 2011

    Semoga saya bisa mempertahankan tahajjud saya hingga akhir hayat …. amin

  14. assalaamua’laikum wr wb
    sungguh kebenaran alquran itu tidak diragukan
    smoga kita bisa mengamalkan shalat tahajjud ini
    bukan hanya tuk ibadah juga untuk
    kesehatan fisik kita sendiri

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 41 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: